Interview Kerja Kamu Gagal ? Ini dia Penyebabnya

TeknoGee – Sering kali kita mengalami kegagalan pada saat Interview Kerja, walaupun sudah memiliki pengalaman dalam bekerja, namun kegagalan dalam mencari pekerjaan ternyata saat proses interview kerja.

Terkadang sebagian orang yang sudah berpengalaman, sering kali menganggap remeh dalam melakukan proses Interview kerja. Namun, proses sebuah Interview tidaklah semudah yang di bayangkan. Sebab dalam prosesnya kalian harus menerangkan segala hal tentang diri kalian, mulai dari riwayat pendidikan, pengalaman kerja, apasaja yang dihasilkan, hingga prestasi yang pernah kalian raih dalam pekerjaan.

Bagi kalian yang sudah berpengalaman, sudah pasti dapat menyakinkan sebuah perusahaan untuk menerimanya, karena mempunyai pengalaman kerja dan riwayat pendidikan yang baik. Akan tetapi sering kali hal-hal lain di anggap sepele dan berujung pada kegagalan pada saat interview kerja.

Walaupun sudah memiliki segudang pengalaman kerja sebaiknya kamu mengikuti saran ini agar terhindar dari kesalahan-kesalahan pada saat proses Interview yang dapat berakibat kamu tidak diterima di perusahaan tersebut.

Berikut ini kesalahan yang sering terjadi pada saat Interview Kerja

  1. Terlalu Percaya Diri

Mempunyai kepercayaan diri yang tinggi adalah sebuah hal yang bagus bagi siapapun, termaksud para pencari kerja sekalipun yang sudah berpengalaman. Akan tetapi percaya diri yang berlebihan akan memberikan kesan “sok tau” justu membuat nilai kamu berkurang pada saat proses Interview.

Jangan terlalu melebih-lebihkan jawaban kamu, jika kamu tidak mampu menjawabnya, jawablah dengan jujur dan berani. Apalagi jika kamu mampu menjawab pertanyaan yang ditanyakan tetapi tidak mampu dilaksanakan.

2. Merasa Sudah Tahu dan Tidak Perlu Bertanya Lagi

Kalian yang memiliki riwayat pengalaman kerja sebelumnya, tidak jarang merasa paling tahu dalam mengerjakan atau mengelolah sebuah pekerjaan. Jika hal ini terjadi otomatis kalian tidak akan bertanya lagi, bahkan ketika pihak HRD bertanya “Ada yang ingin di tanyakan lagi?”

Alangkah baiknya kalian para pencari kerja untuk tetap bertanya meskupun kalian sudah merasa yakin dan kemampuan yang baik dalam urusan pekerjaan. Dengan begitu Pihak HRD akan mengambil nilai yang positif. Terkadang HRD juga ingin melihat keaktifan seorang karyawan dan rasa ingin tahu tentang pekerjaan di lingkungan barunya nanti.

3. Mengenakan busana yang tidak sesuai

Penampilan merupakan hal yang sepele saat mencari pekerjaan, namun memiliki nilai yang sangat bearti dimata HRD. Akan tetapi masih banyak para pencari kerja yang berpenampilan ala kadarnya.

Hal yang perlu di perhatikan saat Interview adalah kerapihan. Gunakan lah pakaian yang rapi dan tidak terlalu mencolok agar petugas keamanan tidak mengawasi gerak-gerik kamu.

4. Tidak Mengenal Tipe Wawancara dengan baik

Secara umum ada beberapa proses wawancara, mulai dari wawancara dengan HRD, pengguna, hingga direksi. Meskipun kamu telah memiliki pengalaman yang sangat lama di dunia kerja, jangan mengacuhkan tiga proses ini.

Pertama wawancara dengan HRD biasanya akan mencari tahu tentang karakter yang diwawancari apakah cocok dengan perusahaan atau tidak.

Sementara yang kedua yaitu pengguna akan mencari tahu kemampuan teknis kamu dan tentang bidang pekerjaan yang akan kamu lamar.

Dan yang terakhir adalah wawancara dengan direksi yaitu untuk mengetahui apakah pelamar kerja memiliki visi dan misi yang sama dengan perusahaan.

5. Datang Terlambat dari Jadwal Interview

Ini merupakan hal yang paling fatal pada saat proses interview. Kesalahan ini kerap kali  sering terjadi, datang terlambat dari waktu yang telah disepakati. Karena poin ini menjadi penilaian yang paling mendasar tentang bagaimana kamu menghargai waktu.

Itu lah penyebab kamu gagal pada saat interview kerja. Interview haruslah dilalui dengan baik, meskipun kamu telah memiliki pengalaman yang segudang. Jangan pernah menganggap remeh sesuatu hal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembacanya 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *